Tuesday 9 February 2016

Hujan

Aku salah satu orang yang juga suka Hujan.
Hujan itu enak.
Enak dilihat, enak didengar, enak dihirup wanginya,
bahkan enak dirasakan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
Hujan adalah titik-titik air yang berjatuhan dari udara
karena proses pendinginan.
Hujan adalah salah satu siklus air di bumi.


Biasanya, orang sedih saat hujan.
Mungkin efek langit yang mendung,
membuat perasaan juga menjadi lebih sendu.
Tapi aku kadang senang ketika hujan datang.
Sambil minum segelas kopi susu hangat,
aku melihat tetesan hujan dari jendela,
dan terkadang aku mengingat "momen hujan" ku.

Seringkali aku teringat sore itu.
Sore dimana aku duduk di teras bersama Papah.
Atau sore dimana aku minum teh besama Mamah.
Aku juga ingat sore aku duduk membaca bersama kakak.
Juga sore dimana aku tertawa melihat adik berlari dibawah hujan.
Iya, semua kuingat. Semua bersama hujan juga.

Tapi semua yang berlebihan itu tidak baik.
Saat hujan mulai berlebihan, terjadilah badai.
Aku hanya mengingat semua badai yang kulalui sendiri.
Saat aku hanya bisa sembunyi di balik selimut.
Saat jantungku kencang berdegup setelah petir.

Sekarang, bila datang hujan,
kupejamkan mata.
Kulihat semua di balik kelopak mataku.
Kulihat senyum-senyum orang terkasih.
Tapi kulihat juga pohon yang tumbang karena badai.

Mungkin ada arti lain dari hujan.
Hujan adalah salah satu kasih sayang Tuhan.
Untuk bumi dan isinya.
Untuk manusia juga, sebagai pengingat.
Semua momen hujan, akan teringat saat hujan turun.
Semua momen yang telah kita rekam dalam memori,
atau momen yang akan kita rekam nanti saat hujan.

4 comments :

  1. Aku juga Suka hujan..
    Apalagi Aroma hujannya...

    Salam kenalll

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. kadang kita juga dapet ide nulis dari hujan kan? karena mungkin setiap tetesnya diisi oleh memori masa lalu, sekarang bahkan masa depan.

      Delete