Sunday 7 February 2016

Film

Dulu aku suka sekali membaca buku.
Setiap pulang sekolah,
aku mampir ke taman baca di dekat rumah.
Walau aku harus bertengkar sama mama,
walau aku harus menabung demi menyewa novel,
walau sembunyi sembunyi aku membaca,
aku tetap mengulangnya.
Itulah hobi.

Sejak jauh dari tanah air,
hobiku bergeser.
Aku lebih sering menonton.
Mungkin karena aku kurang mendapat buku bacaan.
Dulu buku online masih jarang.
Tapi tontonan online sangat banyak.


Film apapun aku tonton.
Kadang aku mengulang kembali Film yang sudah kutonton.
Tak sekali dua kali aku mengulang jika aku senang.
Bisa lebih dari sepuluh kali aku ulang.
Setiap detail aku hapal.
Bahkan aku bisa hapal dialog yang aku suka.

Aku seringkali menyarankan beberapa Film untuk seseorang.
Dengan harapan,
orang itu bisa belajar dari cerita di Film tersebut.
Tak jarang aku jadi ingin tau asal usul Film itu.
Apalagi kalau ternyata Film itu berdasarkan Novel.
Akan kubaca Novel itu tak lama kemudian.

Film yang kurang lebih berdurasi dua jam,
pasti mempunyai makna sendiri.
Tak mungkin sebuah Film tidak bermakna sama sekali.
Tak mungkin seseorang mengeluarkan waktu tanpa tujuan.
Tak mungkin juga hidup kita yang pastinya lebih dari dua jam ini,
tak bermakna sama sekali.
Pasti ada pembelajaran yang kita dapat.
Pasti akan ada hasil yang kita peroleh.

1 comment :

  1. ih sama niw.. sekarang jadi lebih suka nonton daripada baca hehe

    ReplyDelete