Sunday 30 December 2012

Desember Ceria


Akhir tahun 2012! Hayoo mau ngapain hayoo? Kemarin pas di kereta mau ke Berlin buat ikut pengajian bulanan, sempet kepikiran mau nulis tentang bulan Desember ini. Terus pas udah di masjid Indonesia di Berlin, Al-Fallah, materi yang di bahas di pengajian itu adalaaaahh.. MUHASABAH.

Jadi, yang aku tangkep mah yah, Muhasabah itu semacam instropeksi diri. Ga cuma dilakuin di akhir tahun loh. Tapi ya, seenggaknya mah setaun sekali lah muhasabah. Terus kalo udah instropeksi diri, kamu harus merubah hal jelek kamu, pokoknya udah instropeksi itu, bukannya malah menghayal gimana nantinya, tapi lakukan! DO IT! Ada instropeksi, ada AKSI dong..

Oke, kembali ya ke topik. Aku sebenernya mah mau review aja kesenengan-kesenengan yang aku dapet di bulan Desember ini. Subhanallah bangeeeett.. Mulai dari aku dapet mimpi, terus akhirnya aku ga galau-galau lagi. Terus tiba-tiba ikut acara SIDIK 3 yang itupun beruntung banget bisa jadi pesertanya. Terus jadi ada temen serumah, Rizka Rahmayani, yang minimal selalu ngajak untuk sholat berjamaah 5 waktu kalo kita lagi di rumah. Maksimalnya, luar biasa banyak.

Dengan serumah sama ibu Sekjen ini, aku jadi kenal banyak orang. Diajakin ikut liqo di Halle, kenalan sama cewek-cewek cantik yang sholehah dan seru-seru. Terus kenal juga perkumpulan pelajar muslim di Halle. Walau baru sekali kita ngumpul, aku kok seneng banget kayaknya kenal sodara-sodari seiman yang sama-sama lagi berjuang di sini.

Abis itu, aku di ajak ikut ke acara PPI Halle, pemilihan presiden baru. Ketemu lagi kan sama temen-temen baru. Kenalan lagi. Terus menghadiri salah satu acara PPI, Weinachtsparty, ketemu lagi sama beberapa temen baru. Terus juga perbaikan gizi lagi. Hampir tiap minggu ada aja makanan yang sehat-sehat. Soalnya seminggu setelah itu, anak-anak liqo Halle ke datangan tamu dari Berlin, maka kami masak-masak gitu.
Salah satu tamu dari Berlinnya, tak lain dan tak bukan adalah mba Fay, temennya mangki Dani. Di liqo kali itu juga ada doorprize nya gitu. Aku dapet parutan dooong.. Terharu sekali. Mau bikin bala-bala ah. Syalala~

Minggu itu juga papa ulang tahun. Iya, tanggal 21 Desember kemarin, papa ulang tahun. Alhamdulillah bisa nelpon papa sebentar pake calling card. Tapi abis itu keputus, Calling card nya ga oke. Terus mau lanjutin Skype, internet di rumah lagi ga bisa. Yasudah, lanjutinnya lanjutin doain papa aja dari jauh sini.

Tanggal 22 nya hari ibu. Cuma bisa ngucapin lewat bbm buat mama dan si calon ibu mba Wini. Tapi, alhamdulillah itu juga mama udah seneng. Mama itu luar biasa banget lah pokoknya. The best woman in my life! The best mom ever! Mungkin kalian juga bakal ngomong yang sama buat ibu kalian masing-masing. Kita juga ga akan pernah berhenti mendoakan beliau, kan? Semoga Mama, sang permpuan Super seluruh dunia itu, mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat, ya Allah... Aamiin..

Nah, abis itu liburan deh. Sempet bingung dan ngirit-ngirit makanan sama Rizka. Toko-toko pada tutup gitu pas sebelum natal, hari natal, dan setelah natal. Daaaaannn kami hanya berbekal beberapa genggam nasi, dua kaleng sarden, terigu, dan beberapa butir telur. Tapi dengan mantra #thepowerofkepepet nya Rizka, kami berhasil merubah terigu jadi cake tiga menit, sarden jadi makan malam meriah, dan membuat nasi goreng dari bahan-bahan yang ada.

Setelah bertahan hidup beberapa hari, kami kalap belanja setelah melihat toko-toko buka. Kalap belanja beli bahan-bahan murah berlebel : “gut and guenstig”! Mengingat harga Euro sedang naik dan mencapai angka Rp. 13.000,-. Kami hanya bisa tersenyum melihat kembali beras, sarden dan telur.

Contoh bahan-bahan berlabe "Gut and Guenstig"

Tak lupa aku membeli bahan seadanya untuk bikin Macroni Schotel. Tau kan? Pasta-pastaan gitu deh pokonya mah. Setelah makan itu-itu aja selama beberapa hari, ga ada salahnya atuh bikin yang beda. Alhamdulillah mah cukup sampe buat bekel makan di jalan kemarin. Dijalan mau ke Berlin, kami berempat botram (makan-makan semacam piknik) di kereta dengan cueknya. Berempat itu rombongan dari Halle, aku, Rizka, Chana sama Mutiara. Terus kami barengan Tami dari Magdeburg juga.

Di Berlin, ramai sekali. Ga ngerti lagi. Udah mirip Tanah Abang sebelum lebaran. Pusing. Tapi abis itu kami menuju Al-Fallah dan mendengarkan ceramah daaaan makaaan. Kali ini makannya lebih istimewa. Walu tetap melihat telor balado, tapi kali ini rasa sambelnya bener-bener rasa ulekan ibu-ibu. Begitu juga sama opor ayamnya, ga kayak opor yang biasa ku masak kalo kangen opor, ga kayak rasa bumbu jadi. Beneran masakan ibu-ibu. Bahagianya itu sampe terharu gitu.

Tukan.. Banyak banget serunya bulan Desember ini. Belum lagi aku ngobrol-ngobrol banyak sama Wegan, temen SD-ku. Sampe kita bikin proyek gitu, doain kami yaa. Kalau sukses, nanti kami pasti ngasih tau kalian. Makanya doain aja, “Semoga proyek Niwi sama Wegan lancar dan sesuai rencana!” Aamiin..
Menurut aku, tahun 2012 ini bener-bener kayak nano-nano. Rame banget rasanya. Ada rasa seneng, terus rasa sedih mendalam, kecewa, sampe bisa bangkit lagi, terus bisa bahagia lagi. Ada juga penyesalan yang baru disadari. Seperti yang banyak orang bilang tentang rencana.

Manusia hanya bisa merncanakan, tapi Allah lah yang mengatur semuanya. Semua udah ada jalannya masing-masing dan hanya Allah yang tahu apa yang terbaik buat makhluknya.

Semoga kita semua bisa jadi pribadi yang lebih baik ya..

No comments :

Post a Comment