Monday 17 December 2012

Kata INDAH

Tengah malam di Jerman. Mataku segar karena tadi ketiduran abis magrib. Padahal lagi mau nonton Slumdog Millionare gitu yang disiarin jam delapan malem gitu di Prosieben (salah satu stasiun tv di jerman). Kan kalo disini, kalo film di tv gitu di dubbing sama mereka. Lumayan atuh mempererat jalinan kasih antara si bahasa jerman sama telinga. Tapi eh tapiiiiiii, malah ketiduran depan tv.

Jadilah, tengah malem begini aku masih bisa melek seratus persen matanya. Seger bener. Gatau nih apa kabar besok pagi. Abis ini mau diniatin bobo cantik kok :3

Nah, terus malah dapet bbm gitu di Grup keluarga-sangat-besar. Iya, itu grup keluarga satu uyut. Bayangin aja. Hehehe.. Walau Cuma perwakilan-perwakilan keluarga aja sih, aku di ajak biar menuhin grup gitu, tadinya malah mau keluar. Tapi sayang gitu mau keluar, soalnya hampir setiapp waktu subuh di Indonesia, ada saudaraku yang ngasih ceramah singkat gitu. Atau sekedar ngelanjutin broadcast messenger yang bagus atau malah sekedar nanya kabar masing-masing keluarga yang tersebar di muka bumi Allah ini.

Malam ini, pesannya kayak bagus gitu. Ada sepuluh Quotes gitu. Bikin mikir lah. Bahkan aku langsung tulis di kertas warna-warni dan kutempel di kamar. Ya kali aja aku lagi galau aneh-aneh gitu terus baca itu, jadi ilang galaunya. Atoga kali aja ada temen dateng terus baca, terus nempel di otaknya terus diterapin. Iya sih PD banget mau dikunjungi kamarnya. Hahaha.. Kalo ga percaya diri sendiri, mana orang bisa percaya sama kita? Ya gak?

Ahahaha.. Sudah mungkin yah pembukaannya. Aku mau share aja nih pesan-pesannya. Kalo bisa mah bacanya keras-keras, jangan dalam hati, seenggaknya telinga sendiri bisa denger, untung-untung temen sebelah kamu denger juga. Ato malah tetangga sekomplek bisa denger.

"Doa bukanlah ‘Ban Serep’ yang dapat kamu keluarkan ketika dalam masalah, tapi ‘Kemudi’ yang menunjukkan arah yang tepat."
Kita beneran harus berdoa loh biar bisa seneng atau ga kalo lagi seneng. Ya itu, doa itu soalnya kemudi, kalo kamu mengemudinya ga bener dan ga konsentrasi kan bisa celaka tuh. Di jalan lurus aja kita harus konsentrasi, gimana kalo lagi jalan kelok-kelok dan licin gitu, kita jadi lebih hati-hati kan mengemudinya. Gitu juga sama doa. Doa yang bener, dari hati, jangan lupa minta ampun dulu.

  "Kenapa kaca depan mobil sangat besar dan kaca spion begitu kecil? Karena masa lalu kita tidak sepenting masa depan kita. Jadi, pandanglah ke depan dan majulah."
Semua orang punya salah. Orang juga pengen banget rasanya tobat. Tapi malu. Malu karena dosanya terlalu besar. Tobat aja dulu, terus niatin mau jadi lebih baik, terus beneran baikin hidup secepatnya. Allah kan maha pengampun, maha tahu, maha mendengar, maha kuasa.

" Pertemanan itu seperti sebuah buku. Hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk membakarnya, tapi butuh waktu tahunan untuk menulisnya."

Lidah itu ga bertulang, tapi lebih tajem dari pedang! Pedang mah sakitnya luar aja, kalo lidah bisa nyakitin hati sama batin. Jaga lisan. Jangan sampe lisan itu bisa ngebuat sahabat kita sakit hati. Kalo emang dia salah dan kita ngebenerin terus dia malah marah mah, berarti udah gak sehati tuh. Di cek lagi, siapa yang salah. Ya gak sih?

   "Semua hal dalam hidup adalah SEMENTARA. Jika berlangsung BAIK, nikmatilah, karena tidak akan bertahan selamanya. Jika berlangsung SALAH, jangan khawatir, karena juga tidak akan bertahan lama."
Cukup jelas, kita harus nikmatin hidup kita dan jangan terbawa suasana ketika lagi down gitu. Jalanin dan cari solusinya secepat yang kamu bisa. Makin lama down, makin banyak masalah lain yang bisa keseret.

      "Teman lama adalah EMAS! Teman baru adalah BERLIAN! Jika kamu mendapat sebuah berlian, kamu selalu memerlukan dasar emas."
Kacang lupa kulitnya. Mirip-mirip gitu kan lah yah? Teman kamu kebanyakan? Susah ngingetnya satu-satu? Dieratkan aja silaturahminya. Kan ada Facebook, twitter, bbm, line, dkk. Masa masih aja cuek-cuekan?

   "Seringkali ketika kita hilang HARAPAN dan berpikir ini adalah akhir dari segalanya, Tuhan tersenyum dan berkata, “Tenang sayang, itu hanyalah BELOKAN, bukan AKHIR!”"
Ini diaaaa! Jalan itu emang berkelok-kelok. Minta Allah buat terangin jalan yang lurus, biar kita ga gitu susah carinya. Ga usah langsung ngerasa tersesat terus berhenti, coba aja dulu jalan lain. Masa iya mau berjamur di tengah hutan sendirian? Kalo tersesatnya sama temen, bukan malah terus-terusan nikmati kebersamaan, carilah jalan pulang bersama.

 "Ketika Tuhan memecahkan masalahmu, kamu memiliki kepercayaan pada kemampuan-Nya, ketika Tuhan tidak memecahkan masalahmu, Dia memiliki kepercayaan pada kemampuanmu."
Karena Allah ga akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan kita. Sebenernya itu kita bisa selesaikan masalah itu, tentu aja sambil berdoa. Tapi usaha Cuma usaha kita yang bisa mecahin masalah itu.

 "Seorang buta bertanya pada Tuhan: “Apakah ada yang lebih buruk daripada kehilangan penglihatan mata?” Tuhan menjawab: “Ya ada! Kehilangan VISImu dan kePESIMISAN yang ada di diri seseorang."
Aduh, ini mah pertama, jangan ngeluh lah. Liat orang ke bawah, bersyukur kita lebih beruntung. Liat orang ke atas, berjuang biar bisa kayak dia. Jangan malah ngerasa terus-terusan kurang ini itu. Ato malah jadi pesimis karena orang itu punya ini itu, sedangkan kamu engga. Allah itu Maha Adil. Kamu pasti punya apa yang dia gak punya. Setidaknya kamu punya iman.

"Ketika kamu berdoa untuk orang lain, Tuhan mendengarkanmu dan memberi mereka berkah, dan terkadang, ketika kamu AMAN dan HAPPY, ingat bahwa seseorang telah mendoakanmu."
Orangtua kayaknya sering banget lakuin ini buat kita. Mereka selalu doain kita, makanya kita juga tetep doain mereka yuk. Apalagi yang lagi diperantauan. Kita bisa bareng orangtua kita saat kita sujud kok. Bumi ini satu. Milik Allah yang Maha Kuasa. Bumi ini bulat. Ketika kita bersujud, kita bersama.


"KHAWATIR tidak akan menghilangkan masalah besok, hanya akan menghilangkan kedamaian hari ini."
Kita itu mampu. Kita itu bisa. Yakin adanya kemampuan itu. Jangan khawatir tak mampu. Latihan saja. Jika rasa khawatir itu datang, tenangkanlah. Berdoa sama Allah, minta di tenangin hatinya.


Ya itu lah tulisan tulisan indah yang kudapat hari ini. Aku pengen banget nempelin kaliamat-kalimat itu ke otak aku. Maka aku tuliskan disini. Kutuliskan juga beberapa contoh atau penerapannya yang ada di otakku pagi ini. Kalo salah, di maapin yak? Soalnya aku juga masih belajar, belajar untuk jadi lebih baik dari sekarang.

Semoga bermanfaat yah mancemaaaaan..

3 comments :