Tuesday 25 December 2012

Hai, Oyong..


Assalamualaikum..

Siang hari. Iya tengah hari bolong waktu Jerman bagian Halle. Tiba-tiba aku random banget buka-buka Youtube. Yah, gimana yah.. Sebagai anak kos yang lagi liburan di akhir tahun (yang sama aja artinya sama akhir bulan), aku mah cuma di rumah aja deh buka-buka Youtube, liatin Timeline, atoga iseng-iseng stalking orang di Facebook. Hahaha.. Nah, barusan abis liat trailernya 5cm sama Habibie dan Ainun. Hmm, buat judul yang kedua, kapan-kapan aja lah ya bahasnya. Walau temen-temen, sodara-sodara sampe Mama (iya, MAMA. Ibu saya.) bilang film itu bagus, aku gak begitu pengen bahas film itu. Mungkin mah beberapa dari para pembaca bisa tau kenapa. Kalo yang ga tau, ya gak usah tau. Kalo mau tau banget, ih.. Kepo banget sih.

Sekitar tiga atau empat tahun yang lalu, teman sekelasku suka banget baca novel pas pelajaran di kelas. Waktu itu aku lagi SMA. Lupa kelas berapanya mah. Kayaknya mah kelas satu. Nah, waktu itu temenku baca novel yang cover nya ga ada menarik-menariknya sama sekali. Cuma sampul hitam dan judul berwarna putih. 5cm.

Cover buku 5cm.
Aku bingung, apa coba menariknya buku misterius itu. Cerita tentang apa? Aku mulai penasaran. Tapi temanku itu lagi seru-serunya mungkin yah baca buku itu, sampai marah tiap aku bawel nanya isi cerita buku itu. Dia cuma jawab, “Rame pokoknya! Lo harus baca!”. Lalu dia kembali membaca buku itu.

Penasaran setengah mati, pulang sekolahnya aku mampir ke taman bacaan. Ya, berhubung uang jajan belum ngumpul buat beli tuh novel, akhirnya aku pinjem aja di taman baca deket rumah. Lumayan, jatah seminggu baca, cuma bayar 10% dari harga buku itu. Hihihihi.. Tapi sayang banget, pas kemarin pulang ke Indo, taman baca itu udah gak ada. Mungkin karena peminjam setianya udah pada kuliah di luar kota. Anak-anak sekarang mah, kayaknya ga hobi yah baca? Apa masih hobi?

Nah, jadi abis aku baca buku itu, dari halaman pertama aku udah exited gitu. Gak kayak Sampulnya yang hitam dan terlihat dingin, isi ceritanya hangat. Emosi aku di ajak main selagi baca buku itu, ketawa, marah sampe aku berkaca-kaca. Seru banget. Kisah lima orang sahabat. Sampe beberapa kali aku baca buku itu. Sebelum di balikin ke taman bacaan. Aku bener-bener suka. Semangat aku juga tumbuh gitu. Tapi sayang, walau aku masih inget betapa ramenya buku itu, aku udah lupa detail-detail yang ada. Aku pengen banget baca buku itu lagi. Apalagi pas sekarang filmnya muncul dan dapet pujian sana-sini.

Sampe sekarang, aku cuma bisa liat Trailernya aja. Tapi gak tau kenapa, tiap nonton Trailer itu, aku langsung keinget sama sahabat-sahabat aku. Kami sebut kami itu OYONG. Iya, oyong. Nama sayuran yang kurang terkenal. Kenapa? Gak usah tanya. Aku juga lupa. Cuman mah ujug-ujug (=tiba-tiba) aja nama kita oyong, biar lebih ringkes daripada harus nyebut nama kami satu persatu. Contoh:

“Eh, Sabtu ini jalan-jalan yuk!?” tanya Bilqis.

“Sama siapa?” tanyaku.

“Sama Abi, Josh, Diko, Rio, Kunan (Marsha), Puji.”

Panjang kan kalo nyebut satu-satu. Maka kami peringkas.

“Sama Oyong.”

Oyongers : Abi, Josh, Niwi, Pujai, Kunan, Rio, Bilqis, Diko.
Gitu lah intinya mah. Kenapa kami bisa nyatu bareng. Itu juga kebetulan yang indah. Kami lagi gatau kenapa, berdelapan ini ujug-ujug ada di luar kelas dalam waktu bersamaan. Di lantai tiga di dekat kelas Josh dan kamar mandi perempuan. Hmm.. Walau aku lupa sebabnya, tapi aku senang dan bahagia ada dalam kebetulan kali itu. Aku masih berterimakasih sama kejadian itu sampai detik ini. Dimana sampai detik ini aku masih punya sahabat-sahabat kayak kalian.

Jakarta, Bandung, Jogja, dan Halle. Empat kota dimana kami terdampar setelah kurang lebih tiga tahun bersama-sama tertawa, menangis, mengakak, bercanda di Tanah Kusir. Di sekolah kami tercinta yang emang deket sama kuburan itu. Tapi, hati insyaAllah mah masih pada deket. Alhamdulillah juga media social mendekatkan kita. Sekarang bb dan smartphone bisa membuat kita mengobrol bersama. Rasanya gak jauh.

Oyongers, tau gak? Kalian itu kayak lampu di jaman Thomas Alva Edison, pas aku terpuruk kemarin. Beneran, liat foto kalian lagi beberes kamar waktu itu, kalian itu kayak nerangin otak aku yang udah lama mati lampu. Aku kayak tau lagi harus gimana. Aku, seenggaknya, jadi inget janji kita buat ngumpul tanggal 17 Juni 2019 nanti. Dimana beberapa dari kalian udah nulis kejadian hari nanti bakal kayak gimana. Aku belum menulisnya sampai sekarang. Bayanganku masih abu-abu. Tapi aku bakal menulisnya secepat mungkin. Secepat yang kubisa.

Makasih, sahabat. Mungkin kalian gak tau seberapa berartinya kalian buat aku. Jijik ya? Bodo amat lah, kalian emang berharga. Aku gak mau kehilangan kalian. Semoga rencana kita berkumpul di hari itu bakal terwujud ya kawan. Aku tak sabar menunggu hari itu. Aku juga gak mau kalah sama kalian yang hebat-hebat. Cerita kalian selalu membuatku iri. Aku mau ikut hebat juga. Aku juga mau menang bareng kalian. Mau ikut naklukin dunia bareng kalian. Makasih yah, udah jadi semangat buat aku. Makasih banyak, kawan.

Aku tau, kadang aku lupa sama kalian. Tolong, tampar dan sadarkan aku saat aku hilang kendali. Terimakasih.

Oh, ya.. Aku juga teringat pada kalian setelah mendengar dan membaca dalam-dalam lirik lagu ini. Kawansss.. I love youuuuuuuuuu... *pelukdanciumdarijauh* :")

Nidji – Di Atas Awan

cinta satukan hati
kuatkan jiwa menghadapi dunia
segala cinta dan muka
kuatkan semua persahabatan


kita penantang impian
biar tak sama kita kan menang
kita penakluk dunia
biar tak sama kita kan menang..menang


bila kau merasa sedih
ingatlah bahwa kau tak sendiri
tanpamu tak akan sama
tanpamu semua berbeda
kisahmu juga kisahku
selalu bersama


kita penantang impian
biar tak sama kita kan menang
kita penakluk dunia
biar tak sama kita kan menang..menang


melangkah dibawah mentari yang sama
mencari tempat kita dimasa depan
berjanji kita tak akan putus asa
walaupun semua tak akan mudah


kita penantang impian
biar tak sama kita kan menang
kita penakluk dunia
biar tak sama kita kan menang..menang




No comments :

Post a Comment