Thursday 17 January 2013

Sindiran


Asalamualaikum, saudara-saudariii.. J

Bagaimana teman-teman di Jakarta? Kena banjir kah rumahnya? Atau jalanan menuju tempat aktivitasnya terganggu? Denger-denger malah ada sekolah sama kuliah yang diliburin yah gara-gara banjir? Semoga banjir Jakarta yang luar biasa ini, ada hikmahnya yah.. Bersyukur banyak banyak kalian masih bisa tidur, gak kedinginan, bisa sambil minum yang anget-anget, bisa internetan pula. Kita doain saudara-saudara kita yang terkena musibah, yaaahh.. J

Tadi pas pulang dan buka internet, aku liat salah satu temenku nge-Share foto gitu. Intinya mah, Jakarta abis hura-hura, eh malah kena musibah yang besar. Terus aku senyum. Abis itu mikir. Ini maksudnya si gambar apa yah? Tanpa membaca keterangan gambarnya. Terus aku menyimpulkan bahwa itu sindiran. Eh, gak lama dapet kabar gak enak dari temen aku. Rasanya pengen aja gitu nyindir di media sosial. Tapi buat apa nyindir?

Gambar yang di-Share temen
Aku malah agak lama diam. Berpikir. Ngapain juga nyindir yah, kalo ujungnya malah bikin perang di dunia maya. Kalopun enggak di bales sama yang kesindir, entar dia malah makin dengki sama aku. Makanya, lebih baik diam yah? Toh gak bikin kita jadi sakit, kan?

Sindiran itu apa sih sebenernya? Kalo menurut aku, sindiran itu adalah perkataan seseorang yang enggak nyebut nama, tapi JLEB gitu buat seseorang. Bener gak? Si penyindir ini juga kayaknya emang ada dua jenis. Pertama, yang emang sengaja nyindir. Kedua, yang polos asal ngomong ceplas-ceplos sehingga orang disekitarnya merasa tersindir. Benar begitu?

Aku pernah jadi kedua pelaku penyindir tersebut. Kalo yang pertama, emang aku pernah lagi kesel gitu sama orang. Terus males ngomong samanya, malah berkoar-koar gak jelas di dunia maya. Pengen orangnya baca. Pengen orangnya mikir. Malah aku pernah juga cerita bersifat nyindir di BiruBica. Liat aja tuh kelakuan aku jaman dulu. (3S yang lain)

Menurut aku, sindiran seperti ini ada baiknya ada jeleknya sih. Baiknya, kalo yang tersindir jadi sadar terus memperbaiki sifat. Mungkin malah suatu saat dia bakal makasih sama yang nyindir. Tapi buruknya, PERANG. Kalo cewek sama cewek mah biasanya perang dingin. Kalo udah begitu, lamanya bisa gatau sampe kapan. Kalo gak perang dingin, ya adu mulut atau malah bisa sampe ribut, berantem ngeluarin kekuatannya masing-masing. Aduuh, repot yah kalo begitu?

Naaaahhh.. Kalo yang kedua, aku baru sadar setelah sahabatku itu merasa tersindir. Inget banget waktu itu kami lagi jalan-jalan di Mall keren di Jakarta. Terus aku kan jarang ke Mall, jadi ikut aja mau makan apa. Jadi, pas muter-muter cari makan aku ikut aja. Bilqis dan yang lain juga masih bingung mau makan apa. Tetiba, setelah agak lama nyari makan, aku ngomong : “Wah, udah satu puteran nih kita!” Dengan muka tanpa dosa. Dengan ketidaksadaran. Dengan tidak bermaksud menyindir kawan-kawanku tercinta itu. Tapi mereka langsung kesel gitu kayaknya sama aku hari itu. Maaf berkali-kali lagi ya oyong, terutama bilkisss.. :”)

Abis kejadian itu, kawan-kawanku tercinta itu suka ngebahas sindiran tajam yang suka tiba-tiba keluar dari mulutku. Ternyata aku tukang nyindir. Oke, makanya kadang kalo ngomong suka ngerem sekarang. Kalo nulis juga kadang suka ngerem. Tapi kadang suka geregetan juga kalo udah dibilangin gak bisa-bisa. Makanya masih suka aja nyindir. -____- (Mohon maaf jika ada yang pernah atau sering tersindir sama sayah. Maap pisan.)

Kalo masalah disindir, aku gak punya cerita banyak-banyak sih. Sering juga sih ngerasa tersindir. Apalagi sama ustad-ustad. Haduuu... JLEB banget deh. Tapi aku cenderung orang yang diam kalo tersindir. Mikir. Kalo sebel sama yang nyindir, yaudah. Diem. Hehehe..

Semoga kita bisa jadi orang yang lebih bijak lah, yah. Yang bisa kasitau temen tanpa harus nyindir. Yang bisa terima sindiran orang dan berpikir. Aamiin..

Sukses ya, kawan-kawan. Dimanapun kalian berada. Jangan lupa berdoa. Allah itu MAHA KUASA. Sabar dan ikhlas jalanin semuanya, ya.. J


2 comments :

  1. wah, saya jadi tersindir nih, hahahaa.... Tetap semangat menulis, ya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduu.. salah kan.. ;) makasih yaaa.. semoga tetep bisa menulis.

      Delete