Sunday 6 January 2013

Insiden Dompet Heide Park


Tadi sebelum Rizka nyampe rumah, dia nelpon. Suaranya agak menghawatirkan. Pas aku liat jam, ternyata udah jam tujuh lewat. Padahal mah dia bilangnya nyampe Halle jam 6-an. Berarti sekitar jam setengah tujuh deh udah nyampe rumah. Tapi malah nelpon pake suara kayak begitu. Bingung lah saya. Alhamdulillah nya, ternyata dia sedang terharu sama kejadian yang baru dialaminya. Ketinggalan iPad di Tram, tapi di temukan lagi. Mungkin nanti dia bakal cerita di blog pribadinya. Pantengin aja ini nih : Traces of Life

Denger kejadian kayak gini, aku jadi inget tentang kejadian aku di musim semi tahun 2012 kemarin. Saat aku sedang pergi liburan sama temen-temen di Heide Park yang letaknya di Soltau. Gak jauh dari Hamburg. Heide Park itu semacam taman bermain gitu deh. Seru deh main disana. Apalagi bareng temen-temen dan doi. #eh
Peta Lokasi kejadian
Heits! Udah-udah.. Kembali ke topik. Jadi waktu itu dengan kecerobohan aku dan doi, akhirnya dompetku ketinggalan di loker penitipan barang di Heide Park. Aku baru sadar setelah kami transit kereta pulang menuju Nordhausen. Kalo gak salah mah dulu di Hannover sih. Waktu itu mau makan, pas mau ambil dompet. Baru inget kalo dompetnya lupa dimasukin tas.

Keadaannya waktu itu emang lagi rusuh. Kaki ku kepelitek (keseleo) waktu itu. Gak bisa di pake jalan. Sakit banget. Apalagi lari. Aku cuma bisa jalan tapi sambil di tuntun gitu. Pokoknya semacam siput lah waktu itu. Nah, terus waktu itu kami ngejar kereta. Dan aku terlalu terburu-buru untuk mengecek ulang loker tempat kami menitipkan  barang.

aku dan kawan-kawan
Pas udah nyadar. Hati tuh rasanya jatoh ke perut. Napsu makan ilang. Bayangkan saja meeeennn.. Paspor dan visa, kartu atm DeutscheBank, kartu atm mandiri, kartu credit, kartu mahasiswa, uang beberapa lembar, receh-receh sama beberapa catetan penting ada di dompet semua. Masalah uang mah gapapa deh. Yang jadi masalah adalah paspor, visa, dan kartu-kartu Bank. Udah kebayang aja deh kecewanya mama papa.

Akhirnya, setelah di cup-cup sama doi dan beberapa kawan-kawan, aku bisa tenang. Mereka juga membantuku lapor ke kantor Heide Park nya. Aku tinggal menunggu kabar lewat e-mail. Siapa tahu ada yang menemukannya. Semua teman-teman mendoakan juga biar dompetnya bisa ketemu. Aku malah hopeless udah minta anterin aja ke Berlin. Buat lapor ke KBRI masalah paspor dan visa.

Aku lupa jaraknya berapa hari. Tapi lumayan lama. Kayaknya hampir seminggu aku nunggu email. Sampai akhirnya aku nelpon Heide Park nya lagi. Kali ini aku di suruh nelpon kantor polisi daerah Soltau. Awalnya aku males berhubungan sama Polisi. Tapi bakal lebih repot lagi kalo aku berhubungan sama polisi pas aku gak temuin paspor aku.

Aku coba telpon Polisi daerah Soltau. Setelah aku kasih tau masalahku dan identitasku, pak polisi (P) itu jadi ramah seketika.

P: “Oh, dompet biru ini? Ada. Ada uang berjumlah .... Euro (sampai sen nya diitung sama dia, bahkan aku aja gak apal), paspor dan visanya, kartu.... (dia sebutin semua. Sampe ngejelasin foto yang ada disitu).

A: “Alhamdulillah.. Iya, pak. Benar yang itu. Bagaimana saya harus mengambilnya yah?”

P: “Kenapa baru nanya sekarang? Memangnya kamu gak butuh uangnya, nak?”

A: “Saya menunggu e-mail sesuai petunjuk Heide Park. Tapi gak ada kabar terus. Saya baru nelpon tadi lagi.”

P: “Yasudah. Kamu dimana rumahnya? Nordhausen? Thueringen? Jauh ya? Saya kirim via pos aja yah?”

A: “Iya, pak (terharu).”

Setelah aku memberi tahu nama dan alamatku (yang juga sebenarnya ada di visa), beliau menyuruhku menelepon lagi jika dalam tiga hari dompetnya gak nyampe ke rumah. Beliau juga meminta izin untuk menggunakan uang aku untuk ongkos kirim. Dia bilang, ada ibu-ibu yang meberikan dompetku ke kantor polisi itu. Dan ibu itu tidak memberikan identitasnya. Ibu itu juga gak ambil jatah 10% dari dompetku karena dia telah menemukannya (kalo gak salah ada aturan hadian penemu barang gitu, tapi aku juga kurang paham). Pak polisi itu menyudahi telepon sambil menyuruhku untuk lebih berhati-hati.

Alhamdulillah sekali. Dompetnya datang tiga hari setelah acara nelpon polisi Soltau. Isinya lengkap. Uang sejumlah yang pak polisi sebutkan di kurang dengan ongkis kirim, beneran ada. Malah ada bon ongkos kirim juga. Paspor dan kartu-kartu lainnya juga lengkap-kap-kap. Rasanya seneng sekali, kawan. Orang-orang itu masih ada aja yang baik hati. Gak ngambil jatah orang lain.

Lalu aku juga berangan-angan, seandainya di Indonesia juga orang-orang bisa jujur seperti ini. Tidak mengambil apa-apa yang bukan miliknya. Ada yang bilang, “Tapi kan pemimpinnya aja masih suka ambil yang bukan hak-nya.” Gausah tapi-tapi-an lah. Kalo udah tau salah mah tinggalin atuh... Ya gak pemirsah?

Pokoknya. Danke Schoen buat ibu baik hati yang aku tak tau itu siapa. Semoga bakal lebih banyak lagi orang-orang seperti anda.

Kebaikan yang besar kan datengnya dari yang kecil. Mulailah dari diri sendiri.

No comments :

Post a Comment