Tuesday, 15 January 2013

Halle (Saale), Deutschland.


Assalamualaikum, kawan-kawan J

Aku sudah cerita tentang Halle belum sih?

Aku mau cerita sedikit yah tentang Halle. Rumah baruku. Alamat baruku di Jerman. J

Halle (Saale) itu nama sebuah kota di timur Jerman. Terletak di Bundesland (Negara Bagian) bernama Sachsen-Anhalt. Halle memang bukan kota yang besar. Tapi Halle termasuk salah satu kota pelajar di Jerman. Ada universitas besar di Halle. Namanya Marthin-Luther-Universitaet yang suka disingkat MLU. Aku sudah jadi mahasiswi di MLU sejak Oktober 2012. Alhamdulillah.

ini Marktplatz di Halle. Lagi ada Weinachtsmarkt.

Halle juga punya Studienkolleg. Masih inget kan apa itu Studienkolleg? Kalo masih belum tahu, baca Awal Kisah yaa.. Nah, makanya Halle juga salah satu tempat persinggahan pelajar-pelajar Indonesia di Jerman. Kenapa persinggahan? Karena gak semua anak Studienkolleg di Halle, bakal kuliah disini juga.

Gedung kuliah MLU tersebar dimana-mana. Ada yang di tengah kota, ada yang agak masuk-masuk jalan kecil, ada juga yang kayak komplek sendiri gitu. Dan kelasku di semester satu ini, bertebaran dimana-mana. Harus pinter-pinter ngitung waktu deh pokoknya.

Engga kayak Nordi tempat persinggahanku yang kedua setelah Hamburg, Halle gak begitu sepi. Kendaraan mudah didapat. Sampai malem juga masih ada aja kendaraan yang jalan. Disini juga ada toko asia dan toko Turki! Gak perlu jauh-jauh untuk cari Springroll, Nori, bumbu-bumbu asia, sampai daging halal. Terharu gak? :”)

Aku juga beruntung dapet kamar gak terlalu jauh dari pusat kota. Gak jauh dari komplek kampus juga. Kalo mau sambil olahraga, ke komplek kampus bisa cuma naik sepedah sebentar ngelewatin taman yang luaaaaas banget. Namanya Volkspark. Tamannya juga bagus gitu.. Lagi awal-awal di Halle, aku sering jalan-jalan sendiri di Volkspark.
Volkspark saat Herbst (Musim Gugur) dan Winter (Musim Dingin)
Volkspark itu dilalui sungai Saale yang membelah Halle. Makanya di Volkspark ada kayak jembatannya gitu. Cantik deh pokoknya. Di taman itu juga ada danau kecil nya. Ada angsa sama bebek. Kasiannya pas lagi saljuan kemarin. Danaunya beku, terus Angsa sama Bebek nya ngungsi ke sungai.

video

Si Angsa sama Bebek ini juga sering kedatengan tamu. Kalo pagi sama sore, ada aja orang yang olahraga atau nganter anjing mereka jalan-jalan. Orang-orang yang ke Volkspark juga suka bawain remah-remah roti buat makannya Angsa sama Bebek. Aku sampai udah hapal, ada kakek-kakek yang tiap Sabtu pagi senam di pinggir danau, bawa radio-tape kecil gitu buat lagunya. Selesa senam, dia ngasih makan penghuni Danau (kayak video diatas).

Di Halle juga ada Museum Coklat. Halle punya produk coklat sendiri, namanya Halloren. Enak deh coklatnya. Katanya temen-temenku, kalo mau pulang ke Indo, ya ke Museum coklat itu dulu. Disana harga coklatnya agak miring soalnya. Jadi nanti kalo pulang, aku bawain coklat aja yah buat oleh-olehnya? Hihihihi..
in coklat produksi Halle
Aku belum pernah sih ke Museum Coklat itu. Aku termasuk anak yang jarang jalan-jalan soalnya. Baru menjelajahi pertokoan di tengah kota aja, setelah sudah hampir tiga bulan di Halle. Nama jalannya, Leipziger Strasse (baca: Laipciger Strase). Disana berderet toko-toko. Mulai dari toko baju, toko roti, toko sabun, toko pernak-pernik, toko kebap, restoran asia, toko coklat, Bank, sampe toko serba 1 Euro. Tentu saja toko yang paling sering aku kunjungi itu toko serba satu Euro. Apa aja ada disitu. Aku bahkan beli pisau dapur, piring, gelas dan lain-lainnya disitu. Bahkan sempet beli sumpit, harganya 1 Euro, dapetnya selusin. Hehehe..

Kalau jalan dari Marktplatz (pusat kotanya kali ya) mengikuti terus Leipziger Strasse, sambil liat-liat toko ini-itu, belanja-belanja, nanti tiba-tiba nyampe di Hauptbahnhof (Stasiun Kereta). Bahnhof-nya (Stasiun) lumayan gede. Halle juga dilewati sama kereta ICE loh.. ICE itu singkatan dari Intercity-Express. Sesuai namanya, kereta ini emang cepet gitu. Sesuai kecepatannya, kereta ini emang mahal. Jadi saya mah baru beberapa kali naik ICE. Itu juga karena emang terpaksa. Hehehe.. Ohya, selain di dalam Jerman, ICE juga nyampe ke Belanda, Swiss, Belgia, Prancis, Denmark dan Austria. Semoga kapan-kapan bisa jalan-jalan ke negara tetangga itu ya, aamiin..

Untuk sementara mah, sebagai pelajar. Aku baru keliling-keliling aja dulu di kota ini. Murah. Bayar 75 Euro buat satu semester, bebas naik Tram sama Bus di Halle (aku sertain video singkat naik Tram). Jadi, kuliah, belanja sama silaturahmi ke rumah temen lancar-lancar aja. Soalnya rumah temen-temen ku lumayan jauh-jauhnya. Sampe sekarang aja, kayaknya belum semua Wohnung (rumah) temen aku kunjungi. Emang banyak sih orang indo disini, makanya belum semuanya disamperin. Hehehe..

video

Ya, begitu dulu saja ya cerita Halle nya. Nanti aku ceritain lagi gimana aku di Halle, ngapain aja. Atau nanti bahas gedung-gedungnya MLU? Makanya, sering-sering aja ya ngecek BiruBicara.blogspot.com ini. Hehehe.. Malah iklan. Sukses ya kawan.

Postingan kali ini aku coba-coba masukin video amatir. Gambarnya juga kurang oke. Belajar lah yaaa... Komentar-komentar boleh kalii.. Kalau mau nanya juga, silahkan. Request mau diceritain apa juga, manggaaaa.. J Selain komen di bawah ini, aku bisa juga dihubungi lewat twitter (@niwiarti) atau facebook (Niwiarti Wijadhy) loh.. Danke kawaaann..

5 comments :

  1. Gambaran yang indah dan menyenangkan sekali... terima kasih sudah mengajak saya jalan-jalan melalui tulisan... :D

    ReplyDelete
  2. wahh Jerman,,semoga setelah baca blogmu ini bisa kesampaian kesana,, nimba ilmu ^_^

    ReplyDelete
  3. say makasih sudah cerita2 suasana disini. soalnya sy punya anak baru saja keterima studkol di geisen dan nordi. pilih nordi kayaknya dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mba.. sama-sama.. aku juga ada ceritain nordhausen kok.. mungkin bisa kasih tau nama anaknya, mba..

      Delete
  4. What an interesting blog, introduced by a thought-provoking photo. The unusual wall painting of the dwellings is also a strangely modern interpretation. Something like this hieroglyphic view of a park by Swiss painter Paul Klee, http://EN.WahooArt.com/A55A04/w.nsf/OPRA/BRUE-8LT475.
    The image can be seen at wahooart.com who can supply you with a canvas print of it.

    ReplyDelete