Monday 14 January 2013

Jadi Mandiri


Assalamualaikum, kawan-kawan tercintaaaa....

Sudah beberapa hari nih aku gak nulis. Suhu dingin ngebuat otak beku juga kali yah? Hahaha.. Alasan.

Sudah dua taun nih aku di Jerman. Masih belum banyak sih yang bisa dibanggain. Tapi aku mau berbagi sedikit rasa bangga ku. Di rantauan aku ini, aku jadi lebih mandiri, kawan. Dari mulai masak, beresin kamar, nyuci, bla bla bla... Semuanya sendiri bos! Siapa coba yang mau bantuin? Kawan seperantauan disini juga punya tugas masing-masing. Kami hanya bisa saling bantu dengan saling menyemangati.

Dari dulu, di keluargaku memang tidak menyewa pembantu. Orang tua ku mendidik anaknya hidup mandiri dengan cara itu salah satunya. Kalo mumet liat kamar berantakan, salah sendiri. Jadi emang harus beberes sendiri. Mama juga gak nyuruh beresin kamar, jadi emang udah tanggung jawab sendiri. Kalo kamar berantakan, tidur pun tak nyenyak. Apalagi belajar.

Jadi masalah beresin kamar sih emang udah bisa dari dulu. Walau gak selalu rapi, tapi seenggaknya menghindari BT gara-gara kamar berantakan, deh. Terus tugas kedua adalah nyuci baju. Untung banget di rumah aku di Halle ini ada mesin cucinya. Gak pake bayar pulak. Hahahha.. Jadi kalo weekend, tinggal masukin cucian ke mesin cuci. Tinggalin kira-kira dua jam. Jemur. Beres. Masalah nyetrika, kalo emang kusut banget di setrika. Kalo masih dalam batas wajar, ya pake aja langsung. Hehehehe..

Nah, masalah perut nih yang agak susah. Sebelum ke Jerman, aku di ajarin masak sama mama. Pokoknya tiap mama lagi masak aku disuruh liatin. Kadang aku juga ikutan motongin ini itu. Gimana trik-triknya masak biar enak kayak masakan mama. Gak berkedip di dapur liatin mama yang super luar biasa kemampuan masaknya.

Tapi tetep aja, nyampe ke Jerman baru menguasai masak Nasi Goreng yang emang udah dikuasai dari jaman dulu. Makanya pas awal-awal di Jerman, masak itu adalah bikin Nasi Goreng. Atoga beli sosis atau fishstaebchen (fish fillet, semacam nugget) sebagai pelengkap nasi. Atoga makan nasi pake abon yang emang disetok banyak.

Tapi abis itu liat temen-temen yang udah agak lama di Jerman, bisa aja masak. Mereka bisa masak sambel goreng ati, ayam di ini-itu, telor balado, dan masakan lainnya. Sebagian besar dari mereka adalah lelaki. Aku malu rasanya. Perempuan kok gak bisa masak. Setelah aku tanya, ternyata mereka baru bisa masak juga disini. Kalo lagi kangen masakan Indonesia atau yang susah dicari disni, mau gak mau harus bisa masak sendiri.

bikin sushi sendiri kalo kangen, menghemat 
Akhirnya aku beranikan diri beli ayam. Ayam mentah. Ayam potong. Aku gak pernah berhadapa langsung sama ayam mentah. Bingung. Tapi setelah liatin paha ayam selama beberapa menit, akhirnya aku berani memegang langsung dan mencuci ayam tersebut. Dulu aku selalu gak boleh cuci ayam soalnya. Mama takut aku kurang bener nyucinya. Makanya, pengalaman pertama aku “memandikan” ayam potong itu, ya di Jerman.

Aku lupa apa menu ayam pertama kali yang kubuat. Tapi setelah itu, aku jadi rajin beli ayam. Telor, sosis dan abon pun jarang kumakan. Waktu agak lama memang diperlukan, tapi seimbang lah dengan gizi yang didapat. Lama-kelamaan aku sudah bisa masak berbagai macam resep ayam. Tinggal liat resep dan cara membuat di Internet, membeli bahan, terus aku bisa masaknya. Tapi resep ayam yang paling puas sih ayam goreng gitu. Terus bikin sambel. Terus aku juga beli Eisberg Salat (semacam selada) untuk lalapan nya. Hasilnya mirip pecel ayam!

Mirip-mirip lah sama pecel ayam :")
Kemandirian itu datang sendirinya setelah disini kok, kawan. Mau gak mau aku jadi mandiri di rantau. Gak rengek-rengek cape lah, ini lah, itu lah. Dulu di minta tolong buangin sampah aja males banget. Sekarang gak buang sampah, gerah sendiri liatnya. Ada untungnya juga kan aku merantau. Hehehe..

Kita hidup gak akan terus menerus enak, kawan. Roda itu berputar. Adakalanya nanti kita butuh kemandirian itu. Gak ada salahnya banget untuk belajar mandiri dari awal. Seengaknya, beresin kamar sendiri udah harus bisa, dong. Terus belajar nyuci. Terus belajar masak. Seru banget kan kalo tiba-tiba bisa surprise-in mama pas beliau ulang tahun, pake masakan kamu. Pasti beliau terharu deh. Hehehe..

Ayo kita jadi pribadi yang mandiri.

Bisa karena biasa. Biasa karena dipaksa. J

Paksain diri kita buat jadi pribadi yang mandiri, yuuuk..

2 comments :

  1. Keren nih....
    Buat pelajaran anak2 manja yg serba ini itu sama pembantu...
    Pas di rantau, hidupnya langsung berantakan karena gak ada yg bantuin.... hahahhaaaa
    XDDDDDDDDDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi,frauuuu...kalo boleh mah tong iklanin juga blog nya, frauuu.. hahahha

      Delete