Wednesday 16 March 2016

08

Kelas

Ingatanku pada pukul delapan pagi lebih banyak di dalam kelas. Salah satunya di kelas TK B di TK Al-Muttaqin Tasikmalaya. Mungkin saat itu aku sedang mengucap salam pada kedua ibu guruku. Aku sudah tak begitu ingat. Apa masih ada dari kalian yang ingat mata pelajaran saat TK dulu? Palingan hanya belajar membaca dan mewarnai yang paling ku ingat. Rasanya setiap hari kami dapat majalah anak baru untuk dibaca. Oh, aku juga ingat belajar menyanyi. Tepuk polisi, tepuk sambal, tepuk tepuk yang lain yang menurutku sekarang agak memalukan untuk diingat.

Aku juga masih ingat di kelas SD-ku. Kelas 1A, 2B, 3B, 4B, 5B, 6B SD Al-Muttaqin Tasikmalaya. Pelajaran sudah dimulai setengah jam yang lalu. Masih segar apalagi kalau pelajaran pertama adalah Matematika. Tapi itu jarang. Biasanya pelajaran awal itu adalah pelajaran bahasa. Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab ATAU Basa Sunda. Tapi lagi-lagi, ingatanku gak sekencang itu. Mugkin saja aku salah. Cuma seingatnya saja. 

Kalau lagi di SMP Hang Tuah 2? Di kelas 1H aku masih di rumah jam segini mah. Ngerjain PR biasanya. Soalnya aku masuk siang. Tapi masuk kelas 2E dan 3F, jam segini tuh udah jamnya ngantuk. Gimana gak ngantuk? Aku udah siap di sekolah dari jam 05.30. Udah dua jam setengah menerima banyak sekali informasi. Dari mulai gosip baru, sudah dihukum dan menghukum, sudah Pendalaman materi (kelas 3), sudah lelah rasanya. Apalagi kalau guru pelajaran pertama ini membosankan. Sekali-kali aku ijin ke kamar mandi sekedar untuk mencuci muka dan membuang waktu agar cepat-cepat ganti jam pelajaran.

Kelas X-3, XI-IA-5, XII-IA-5 SMAN 47 Jakarta. Jam 8 adalah jam yang paling ditunggu karena jam pergantian pelajaran. Tapi masih belum istirahat. Setidaknya jam 8 adalah waktu untuk peregangan sedikit. Kalau lagi masa Studienkolleg di Nordhausen, jam 8 ini pasti aku udah serius banget dengerin guru ngomong. Dijamin susah ngantuk sih. Sekarang? Kalo lagi kuliah pagi, ya jam delapan udah di kelas, tapi masih santai. Masih awal bab atau dosen baru menyapa.

Kalau libur? Lain lagi ceritanyaaaa.. Aku masih depan laptop. Masih asik sama dunia aku. Kuping masih disumpel sama lagu favorit. Mata masih asik liat layar laptop. Kopi masih ada walau sudah mendingin. Tapi otakku sudah mulai banyak berpikir.

1 comment :

  1. Niwi luph blue, Longtime no see. Wie geht? I hope you have a Good condition in there. Would you send your active contact to me? Because I was getting lost information about my bestfriend and that is you. :(

    puariesthaufani.blogspot.com

    ReplyDelete