Sunday 4 September 2011

Nordhausen, Deutschland.

Hai hai haaaaaiiii.....

Assalamualaikum...
Nach lange zeit habe ich nicht hier etwas geschrieben. Tut mir leid, habe ich viele Dinge zu tun..
Eigentlich habe ich jetzt nicht viel zeit aber mir ist egal. Wenn ich Idee habe, dann moechte ich hier schreiben.. :)

Nah loooo.... Pembukaannya pake bahasa Jerman. Tak berniat sombong atau apapun kawan. Itu aku lagi belajar. Jarang banget aku pake tu Bahasa Jerman. Lah? Katanya tinggal di Jerman, kok jarang di pakee?? Itu diaa.. Ini salah satu alasan kenapa aku mau nulis hari ini. Tapi ga cuma itu koookk.. Banyak alasan lainnya. Termasuk kenalin orang-orang yang sekarang udah kayak keluarga buat aku, disini.

Pertama aku mau ngenalin Jermannya dulu. Gimana lingkungan di sini. Di rumah, di sekolah, atau di kotanya. Kedua, aku mau kenalin teman-teman s
eperjuangan aku disini. Teman-teman yang udah seperti saudara sendiri.. Yang terakhiiir, aku mau kasih tau apa aja yang aku pelajari disini. Pokoknya yang ketiga ini tentang Pendidikan disini.

Jerman. Awalnya, ada sedikit rasa takut untuk merantau kesini. Aku akan jadi kaum minoritas disini, aku berkulit coklat (bukan putih seperti penduduk sini), aku muslim, aku berjilbab. Bisakah aku hidup di negara ini? Tapi kenapa takut? Mama bilang, "Dimana pun kamu
berdiri, dimana pun kamu menuntut ilmu, semua sama saja. Semua milik Allah. Ga usah takut". Itu kata-kata mama selagi aku bimbang untuk berangkat ke Jerman.

Dengan segala persiapan, aku beragkat. Sekarang aku udah hampir 8 bulan di Jerman. Aku bisa hidup disini. Awalnya aku tinggal sebulan di Hamburg, seperti apa yang aku ceritakan di 'Awal Kisah'. Setelah itu, aku sempat numpang sana sini karna susah cari tempat tinggal di Nordhausen, dimana aku sekolah sekarang. Hampir sebulan aku numpang sana-sini. Untungnya ada orang-orang baik seperti ka Elva, Fajar-Reavan dan Akina yang mau di tumpangin rumah nya sama aku dan Fia. Sampai akhirnya aku dan Fia dapet tempat tinggal. Di Studenten Wohnheim, tempat tinggal pelajar di belakang Studienkolleg kami. Aku satu rumah sama Fia dan satu orang berkebangsaan Vietnam, Linh. Sayangnya, Linh jarang sekali keluar kamar. Kalopun keluar kamar, dia cuma bilang "Halo", atau kalo mau pergi langsung ke arah pintu dan bilang "Tschuss" (Daaahh..). Jadilah aku ngobrol sama Fia terus. Tentu saja dengan bahasa Indonesia, atau malah bahasa sunda. Tapi kami juga sering mencoba ngobrol pake bahasa Jerman, tapiii.. Tau sendiriiiii.. Bahasa Indo lagi yang keluar dari mulut.

Tempat tinggal ku dekat banget sama Studienkolleg. Aku cuma butuh 3 menit untuk nyampe kelas, dari kamar. Ga perlu bangun pagi, ga perlu naik bis, ga perlu naik S-Bahn atau U-Bahn (emang ga ada juga sih di Nordhausen). Tapi cukup jauh ke pusat Nordhausen. Naik bis sekali, atau jalan kaki 20 menit. Yaaa, sejauh-jauh nya jarak di Nordhausen itu ga terlalu jauh. Nordhausen itu kota kecil. Kalo ketinggalan Bus, ya jalan kaki. Karna Bus disini hanya ada 20 menit sekali. Daripada nunggin Bus, mendingan jalan kaki. Karna waktu yang diperlukan sama. Kalau mau pergi, liat lah jam. Ingat jadwal bus di setiap halte. Karna disini, semuanya teratur.

Kalau biasanya di Indonesia, hari Minggu adalah
hari belanja atau jalan-jalan, kalau disini? Ga ada Toko yang buka di Hari Minggu. Restaurant juga. Jadi hari Minggu itu ya hari istirahat.. Toko-toko disini buka cuma sampai jam 8 malam. Mall juga, cuma sampai jam delapan. Jangan harap mau malem Mingguan di Mall dehh.. Tutup. Tapi kalo di kota besar, seperti Berlin, yaaaa ada lah beberapa yang buka.. :)


Suedharz, Mall di Nordhausen.
Liat tuh, cuma segede itu Mall satu-satunya di Nordy.

Seperti beberapa temanku yang pada nge-kos di Indonesia, aku pun mulai belajar mandiri. Mulai dari makan, beres-beres, balanja, nyuci baju, ngurus keuangan, ngurus pindahan rumah, dan lain lain, semuanya sendiri. Ya mau bagemana lagi? Siapa yang mau ngurusin kalo ga ngurus sendiri? Untungnya, banyak kakak-kakak seperantauan disini yang baik. Yang mau kasi tau ini itu nya, mau nunjukin jalan atau cara untuk ke suatu tujuan. Aku jadi ga berasa hidup terlalu sendiri, disini.

Makanan disini memang agak beda sama di Indonesia. Beras lumayan mahal, lebih murah kalo makan kentang. Tapi emang dasar anak Indonesia, ga bisa jauh-jauh dari yang namanya beras. Ada lah beras yang agak murah dan enak, ada juga yang beli beras bagus terus nantinya di campur sama beras jelek. Akal-akalan lah.. Belanja daging juga harus hati-hati banget. Pernah waktu itu, aku salah beli daging. Daging potongan gitu, ternyata "Gemischt" yang artinya "Campuran" antara Sapi sama Babi. Ya dibuang deeeehhh.. Untung sempet baca ulang pas belum dimasak.

Masak pun dilakukan sendiri. Laper? Ya masak. Ga bisa kayak biasanya yang udah ada di meja makan. Tadinya selalu masak yang gampang-gampang, kayak telor, nasi goreng, ayam yang udah dibumbuin (tinggal goreng) atau tinggal oven kentang sama Chicken Wings. Sekarang, karena udah terlatih masak, jadi lumayan deh bisa bikin sayur sendiri, ayam di bumbu India (gara-gara ada temen orang Nepal), malah terakhir bikin Opor sendiri untuk Lebaran. Yaaa.. Kangen sama masakan Indo, cobalah masak sendiri sambil liat resepnya di Internet. Terimakasih Internet dan ibu-ibu yang bikin blog tentang resep-resep masakan Indonesia. :)

Doenner, makanan pelajar Indonesia saat malas masak.


Ngomongin Lebaran, banyak banget temen-temen yang tanya soal Puasa dan Lebaran disini, yang semoga terjawab di Postingan sebelum ini. Kalo belum ya, comment saja, nanti insyaallah aku jawab. Seperti yang udah aku bilang, Puasa disini berdurasi 18 jam. Lama. Iya. Lama. Hmmm.. Ini gara-gara musim panas kok.. Matahari lebih lama dari pada si bulan. Alhamdulillah-nya, walaupun musim panas, tapi ga pernah lebih dari 32 derajat Celcius.. Oppppsss, gatau harus Alhamdulillah atau apa, tapi ini gara-gara Global Warming.

Sekarang masih awal September, masih di musim panas. Tapi kalau malam datang, dinginnya sungguh-sungguh deh.. Kalau siang baru deh agak panas, yaaa kayak hari ini nih, 25 derajat. Anehnya, di 25 derajat aku udah kepanasan, mungkin karena efek udah-jarang-kena-panas. Tapi liat aja nanti malam, suhu bisa merosot sampai 7 atau 9 derajat. Hmmm.. Selimut mana selimut?

Besok akan ada rombongan anak Indonesia ke kotaku (Nordhausen), hmm bukan cuma anak Indo aja sih. Hari Senin nanti, Studienkolleg Nordhausen mangadakan Aufnahmetest (Penerimaan siswa baru). Dari kabar yang terdengar, sepertinya akan sangat lumayan banyak anak Indonesia yang akan test disini.. Waaaa, semangat yaaaa.. Hmmm, sebenernya gabegitu enak juga sih kebanyakan orang Indonesia di suatu kota. Apalagi kota kecil. Sekelas bisa isinya anak Indonesia semua, yaaa ngobrol jadi sama mereka-mereka juga, pake bahasa Indonesia (brb digebukin sama temen sekelas). Eh, tapi bener kok, bahasa Jerman jadi agak tersendat-sendat. Kalo ada temen beda bangsa, langsung deh diajak ngobrol. Kadang malah gajelas ngobrolin apa.

Hari Selasa, keesokan harinya setalah Aufnahmetest, anak-anak semester dua (termasuk aku) pun mulai masuk. Mulai lagi belajar Grammatik (Deutsch) di kelas Frau Stadler, belajar Mathe di kelas Herr Erd, belajar Fisika, Kimia, Biologi, und Informatik. Itu pelajaran di Kurs aku sih. M-Kurs atau kelas kedokteran, yang nantinya bisa lanjut kuliah kedokteran di Universitas. Ada lagi T-Kurs (teknik), W-Kurs (Wirtschaft atau ekonomi) yang nantinya bisa ke bisnis gitu, ada juga G-Kurs (Germanistik gitu) yang nantinya bisa nyambung ke politik.

Studienkolleg Nordhausen, sekolahku, kelas 13 ku.

Pelajaran di Studienkolleg masiih ga jauh beda sama palajaran SMA, emang sih sedikit agak runyem, tapi itu mungkin karena masalah bahasanya aja yang beda. Guru di sini juga ngerti kalo kita butuh pelan-pelan. Makanya mereka ngajarnya pelan-pelan juga, tapi kalo mereka udah anggap kita bisa, jadi cepet bin ngebut belajarnya. Apalagi di semester dua ini nih.. Cuma empat bulan aja. Yuk tancap gas..

Kemungkinan besar aku akan tancap gas kuat-kuat nih sampai awal Desember nanti. Dimana di bulan Desember itu, aku akan ada FSP (Festellungpruefung) yang nilai nya akan jadi penentuan dimana aku kuliah.. Makanya, doakan yaaaa..

Semoga Postingan aku kali ini berguna untuk semua :) Ayo ayoooo, sekolah ke jerman yuuukk.. Kalo emang mau tanya-tanya tentang sekolah di Jerman lebih lanjut, silahkan. Bisa comment disini atau twitter (@niwiarti) atau facebook (Niwiarti Wijadhy) juga bisa. Hihihihi malah iklan.. Mangga atuh nyaaa, ditinggal dulu sementara waktu. Silakan dibaca.

Aufwiedersehen :)
Tscuess :)

Wassalamualaikum

3 comments :

  1. waaaaa ai baru baca postinganmu :D
    sepertinya kamu udah nyaman disana ya? alhamdulullah yaaaah
    semangat ai buat ujian nya! i'm praying for you from here :D

    ReplyDelete
  2. mba ade.. masih inget sama aku gak? hehe
    waah,, congrats yah mba.. jadi pengen banget deh bisa nyusul mba ade kesana.. hihihi

    ReplyDelete
  3. Wah, masih di Jerman kah?
    Semangat ya kalau masih disini :)

    *mampir sembari blog-walking*

    ReplyDelete