Friday 2 September 2011

Lebaran di Negeri Orang

Minal aidzin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin yaaa..
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriah :)

Setelah puasa sebulan penuh, akhirnya sampai juga di hari kemenangan Idul Fitri ini.. Alhamdulillah yaaahh.. :)

Di hari-hari akhir puasa, hati mulai gundah gulana. Lebaran.. Ahhh. Lebaran tahun ini sendiriii.. Jauh dari keluarga, jauh dari tanah kelahiran, jauh dari ketupat (loh?). Aku sama Fia (temen setanah air, serumah, se-ini dan itu) sering banget ngomongin perbedaan puasa di Indonesia sama di Jerman. Sering banget ngomong "Kalo di indo........." dan percakapan itu selalu hadir tiap sahur atau buka puasa. Percakapan itu terus berlanjut sam
pai malam takbiran, hari Raya dan pasca lebaran. Berikut adalah contoh-contoh percakapan singkat kami:
Sahur pertama yang agak telat :
Kalo di indo, mama pasti udah masak, terus aku kebangun sama wangi masakan dan bunyi-bunyi di dapur, mana emang masih semangat banget mau puasa.
Sore-sore di awal Ramadhan :
Biasanya jam segini (jam lima-an), ngilangin rasa laper sambil nonton, terus tiba-tiba magrib. Kalo disini, mau nonton juga, film udah tamat, masih lama bukanya.
Buka puasa awal Ramadhan :
Hmmh.. Alhamdulillah deh ada Kurma.. Kalo di Indo sih, pasti ada kolek atoga cendol atoga es kelapa muda atoga... atoga..
Waktu taraweh :
Kalo di Indo, taraweh bareng keluarga. Iniii.. Taraweh sendiri aja udah untung..
Akhir-akhir puasa :
Biasanya udah banyak kue kering nih. Kangen deh Nastar, putri salju, kue kejuu...
Besok kita mudik yuk, cari mesjid.. Atau ke KBRI.
Kalo di indo, pasti banyak Kembang api sama bunyi petasan.
dan lain-lain, dan lain-lain. Banyaaaak banget. Yaaah, disyukuri saja siiihh.. Akhirnya, hari Minggu sore pun kami (aku dan Fia) berangkat ke Berlin dengan kereta sederhana dan Gruppenticket tentunya. Tak di duga, ternyata kereta penuh.. Berasa mudik naik kereta.

Sesampainya di Berlin, kami buka puasa. Karena di Nordhausen ga ada KFC, kami puas-puasin makan KFC. Buat, buka dan sahur di hari senin. Seperti di Indonesia, hari terakhir puasa kami gunakan untuk belanja makanan. Belanja makanan di toko Indonesia "Indomarkt" di Berlin.

Toko Indomarkt, Berlin

Kami beli Bumbu disana, kalap liat sambel ABC, kecap, sama bumbu jadi. Dan bumbu jadi untuk beli Opor pun kami beli. Terus liat juga macem-macem sambal jadi. Malah ada sambel gandaria, yang orang indo sendiri aja jarang tau.

Esok harinya, kami pergi ke KBRI di Berlin. Sholat di aula KBRI yan penuh dengan orang -orang Indonesia. Rata-rata emang keluarga kedutaan sih, tapi banyak juga pelajar Indonesia. Kami sholat sunat Idul Fitri dengan khusyuk, setelah itu mendengarkan ceramah dengan bahasa Indonesia. Senangnyaaa... :)

Karena keluarga Kedutaan jadi tinggal di jerman, maka lumayan banyak anak-anak kecil yang bermuka Indonesia, tapi ngomongnya bahasa Jerman. Lucunya lagi, si anak ngomong pake bahasa Jerman, di jawab sama si Ibu pake bahasa Indonesia, tapi nyambung. Malah kadang si anak usaha ngomong pake bahasa Indonesia. Ada percakapan ibu (atau mungkin tantenya) dan anak yang saya tangkap :

anak : "Umi, wo ist mein Handy?" (Umi, dimana HP-ku?)
Ibu : "Tadi umi kasih Bunda, tanya bunda deh!"
anak : "Achsoo, danke Umi. (beralih ke bundanya) Bunda, wo ist mein Handy?"

Aku merhatiin anak itu kayaknya ga bisa ngomong bahasa, tapi ngerti. Bagus ga ya kayak gitu?? Tapi bahasa sehari-harinya emang Jerman sih. Orang dia sekolah disini, dari TK. (antara takjub sama ngiri).

Selesai sholat, kami langsung pulang. Ga ikut acara makan-makan di Wisma, karena ingin langsung pulang ke Nordhausen. Kami berdua memang ga begitu betah tingal di Berlin. Sore itu juga kami sampai di Rumah kami di Nordhausen. Istirahat untuk esok harinya.

Esok harinya, dengan kemauan sangat besar dan kepedean sangat tinggi. Kami masak Opor Ayam beserta lontongnya. Walau lontongnya cuma pake plastik, tapi lumayan kok miriiiipp.. (membela diri sendiri). Yah, itulah kalo hidup sendiri, jadi usaha banget kalo mau sesuatu. Malah jadi bisa masak opor sendiri. Mandiri deh bener-bener (gatau harus seneng apa sedih).

Ya begitu siih, lebaran pertama ku di negeri orang. Ga begitu enak. Kangen sama keluarga menjadi-jadi, pas Skype bawaannya pengen nembus dari layar Laptop, terus ikut rame-rame disana. Untungnya, di Jerman, lebarannya lebih dulu dari di Indonesia. Jadi pas hari lebaran, pas ngumpul-ngumpul itu, ya aku ikut skype. Makasih loh, pemerintah Indonesia.. Hehehehe :D

No comments :

Post a Comment